Kamis, 30 Juni 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) K13

Satuan Pendidikan     : SMK Negeri 2 Madiun
Mata Pelajaran            : Akuntansi
Kelas/Semester            : XI / Ganjil
Alokasi Waktu            : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi   : Mengidentifikasi Metode Pengelolaan Kas Kecil (C4)
Kompetensi Dasar       : Menerapkan Metode Pengelolaan Kas Kecil (C3)

A.  Kompetensi Inti
KI-1
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI-2
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, reponsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI-3
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI-4
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

B.  Kompetensi Dasar
KD pada KI-1
Mensyukuri  karunia Tuhan Yang Maha Esa, atas pemberian amanah untuk mengelola administrasi keuangan entitas.
Mengamalkan ajaran agama dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menghasilkan informasi keuangan yang mudah dipahami, relevan, andal, dan dapat diperbandingkan.
KD pada KI-2
Memiliki motivasi internal dan menunjukkan rasa ingin tahu dalam menemukan dan memahami pengetahuan dasar tentang  kas kecil.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, responsif dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif dalam lingkungan sosial sesuai dengan prinsip etika profesi bidang menerapkan metode pengelolaan dana kas kecil.
KD pada KI-3
Menghargai kerja individu dan kelompok serta mempunyai kepedulian yang tinggi dalam menjaga keselarasan lingkungan sosial, lingkungan kerja dan alam.
Mendiskripsikan pengelolaan kas kecil.
KD pada KI-4
Menerapkan metode pengelolaan kas kecil

C.  Indikator Pencapaian Pembelajaran
1.    Mengetahui pengertian kas kecil (C1).
2.    Mengetahui Karakteristik kas kecil (C1).
3.    Memahami dokumen/bukti pemakaian dana kas kecil (C2).
4.    Menerapkan metode pengelolaan kas kecil (C3).
5.   Mengidentifikasi Metode Pengelolaan Kas Kecil (C4)

D.  Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran diharapkan peserta didik dapat:
1.      Menjelaskan pengertian, kas kecil dengan benar dan jelas.
2.      Menyebutkan karakteristik kas kecil dengan percaya diri.
3.      Menguraikan dokumen/bukti pemakaian dana kas kecil dengan tepat dan cermat.
4.      Mentukan metode pengelolaan kas kecil dengan cermat, teliti, dan jujur.

E.  Materi Pembelajaran
1.    Pengertian Kas Kecil
Kas kecil atau biasa disebut Petty Cash adalah sejumlah uang tunai yang dimiliki perusahaan dan dipegang atau dikelola oleh kasir yang fungsinya untuk membayar pengeluaran-pengeluaran yang sifatnya relatif kecil dan cenderung rutin. Misalnya pembelian materai, perangko, rekening telepon, rekening listrik, rekening air, pembelian bahan bakar, perlengkapan kantor dan lain-lain.

2.    Karakteristik Kas Kecil
a.    Jumlahnya dibatasi, sesuai dengan rutinitas perusahaan.
b.    Untuk membayar pengeluaran yang relatif kecil.

3.    Dokumen /Bukti Pemakaian Dana Kas Kecil
Setiap penggunaan kas kecil oleh pemakai kas kecil harus dapat dipertanggungjawabkan dan harus direkam ke dalam dokumen. Dokumen yang digunakan oleh pemakai kas kecil untuk mempertanggungjawabkan penggunaan kas kecil adalah sebagai berikut :
a.    Bukti Kas Keluar, yaitu dokumen yang berfungsi sebagai perintah pengeluaran kas. Dokumen ini diperlukan pada saat pembentukan dana kas kecil dan pada saat pengisian kembali dana kas kecil.
b.    Permintaan Pengeluaran Kas Kecil, yaitu dokumen yang digunakan oleh pemakai dana kas kecil untuk meminta uang ke pemegang kas kecil. Sedangkan bagi pemegang kas kecil, dokumen ini berfungsi sebagai bukti pembayaran kas kecil kepada pengguna kas kecil.
c.    Bukti Pengeluaran Kas Kecil, yaitu dokumen ini dibuat oleh pemakai dana kas kecil untuk mempertanggungjawabkan pemakaian dana kas kecil.Permintaan Pengisian Kembali Kas Kecil, yaitu dokumen ini dibuat oleh pemegang kas kecil untuk meminta pengisian kembali kas kecil.


4.      Pengisian Kas Kecil
Apa bila jumlah nominal uang yang terdapat dalam akun kas kecil telah menipis, maka dana kas kecil harus diisi lagi dengan cara sebagai berikut:
  • Pemegang petty cash mengajukan permintaan kepada bendahara kas
  • Pemegang petty cash menyiapkan daftar pengeluaran yang telah dilampiri bukti transaksi atas pengeluaran kas kecil.
Jika telah sesuai dengan ketentuan, bendahara kas memberikan tanda persetujuan kepada formulir permintaan tersebut dan memberi dana sebesar jumlah nominal kas kecil yang sudah dikeluarkan.

5.    Metode Pengelolaan Dana Kas Kecil
Dalam pengelolaan dana kas kecil terdapat dua metode yang bisa digunakan, yaitu:
a.    Imprest Fund Method (Metode Dana Tetap)
Dalam metode imprest dana kas kecil yang ada di kasir nilainya sebesar tertentu dan saat pengisian kembali harus kembali sebesar tertentu tersebut. Misalnya suatu perusahaan menentukan kas kecil sebesar Rp 5.000.000, selama 1 minggu pengeluaran sebesar Rp 3.500.000, maka ketika kasir mengajukan pengisian ulang kas kecil, jumlah yang diisikan adalah sebesar Rp 3.500.000 tersebut. Untuk pengeluaran kas kecil metode imprest tidak dilakukan penjurnalan.
b.    Fluctuation Fund Method (Metode Dana Berubah)
Metode ini tidak mengharuskan nilai tertentu sebagai batasan. Jika menggunakan metode ini kas kecil bisa diisi tidak sebesar yang dikeluarkan, bisa lebih besar atau lebih kecil dari saldo awal. Setiap pengeluaran kas kecil dilakukan penjurnalan.

F.   Metode Pembelajaran
1.    Diskusi
2.    Tanya jawab
3.    Pemberian Tugas

G. Langkah – Langkah  Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.    Guru mengucapkan salam dan berdoa
2.    Mengecek kehadiran siswa dan menanyakan kabar peserta didik.
3.    Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembeljaran.
4.    Menanyakan beberapa pertanyaan dasar sebagai review pelajaran sebelumnya dan mengaitkan dengan materi yang akan dipelajari.
5.    Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai serta menyampaikan cakupan materi.
10 menit
Inti
Mengamati
1.    Guru membuka secara luas dan bervariasi kesempatan peserta didik untuk melakukan kegiatan pengamatan dan mencari informasi tentang kas kecil.

Menanya
1.    Memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan materi tentang kas kecil yang belum dipahami kepada guru.
2.    Guru membimbing peserta didik untuk dapat mengajukan pertanyaan secara mandiri.
3.    Guru mengembangkan rasa ingin tahu peserta didik dari pertanyaan yang telah diajukan.
Mengeksplorasi (Mengumpulkan Informasi)
1.    Peserta didik menyimpulkan informasi tentang kas kecil dengan bimbingan guru.

Mengasosiasi/Menalar
1.    Peserta didik merangkum dari informasi / data yang diperoleh dari bacaan maupun dari sumber-sumber lain yang terkait tentang pengertian, karakteristik dan dokumen/bukti pemakian kas kecil.
2.    Peserta didik mendiskusikan tentang metode pengelolaan kas kecil.

Mengkomunikasikan
1.    Peserta didik menyampaikan materi untuk diskusi dan peserta didik mengkomunikasikan hasil diskusi.
2.    Peserta didik bersama guru melakukan konfirmasi terhadap hasil komunikasi.
65 menit
Penutup
a.    Kegiatan Guru bersama Peserta Didik.
1.   Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
2.   Melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran yang sudah dilakukan.
3.   Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
b.    Kegiatan Guru
1.   Melakukan Penilaian.
2.   Peserta didik diberi tugas untuk menggali informasi tentang materi untuk pertemuan selanjutnya melalui buku, internet atau sumber lainnya.
3.   Merencanakan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
4.   Guru menutup pelajaran dan mengucapkan salam.
15 menit

H.  Media, Alat  dan Sumber Belajar
Media                     : Power Point
Alat                                    : Laptop, LCD, papan tulis, dan spidol
Sumber belajar        :
1.    Al Haryono Jusup. 2011. Dasar-dasar Akuntansi Jilid 1. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN.
2.    Lembar Kerja Siswa (LKS).

I.     PENILAIAN, PENGAYAAN DAN REMIDIAL
1.    Teknik Penilaian
No
Aspek Yang Dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1
Sikap Spiritual
Non-Tes (melaui observasi)
Proses Pembelajaran Berlangsung
2
Sikap Sosial
Non-Tes (melalui observasi)
Proses Pembelajaran Berlangsung
3
Pengetahuan
Tes (melalui tanya jawab dan penugasan)
Proses Pembelajaran Berlangsung
4
Ketrampilan
Non Tes (melalui berdiskusi dan mempresentasikan hasil diskusi)
Proses Pembelajaran Berlangsung



2.    Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Kompetensi Sikap Spiritual
Nama Peserta Didik  :
Kelas                         : XI Akuntansi
Tanggal Pengamatan :
Sikap yang dinilai     : Spiritual

No.
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Berdoa sebelum dan sesudah pelajaran




2
Bersyukur terhadap nikmat dan karunia Tuhan Yang Maha Esa




3
Mengungkapkan kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan




4
Patuh menjalankan perintah shalat




5
Toleransi terhadap perbedaan keyakinan




Jumlah Skor Perolehan




·      Pedoman pengisian:
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berikan tanda cek (a) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditunjukkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut:

4
=
selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan. 
3
=
sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan.
2
=
kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan.
1
=
tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan.

·      Pedoman Penskoran :
Skor Tertinggi : 4 x 5 = 20
Skor Akhir =  x 100
b.   Penilaian Kompetensi Sikap Sosial
Nama Peserta Didik  :
Kelas                         : XI Akuntansi
Tanggal Pengamatan :
Sikap yang dinilai     : Sosial
No.
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Tanggung Jawab




2
Empati Sosial




3
Kerja Sama




4
Berperan Aktif




5
Jujur




Jumlah Skor Perolehan


·      Pedoman pengisian:
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial peserta didik. Berikan tanda cek (a) pada kolom skor sesuai sikap sosial yang ditunjukkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut:
4
=
selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan. 
3
=
sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan.
2
=
kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan.
1
=
tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan.
·      Pedoman Penskoran :
Skor Tertinggi : 4 x 5 = 20
Skor Akhir =  x 100
c.    Penilaian Kompetensi  Pengetahuan
·      Teknik : Tes
·      Soal
1.    Jelaskan apa yang dimaksud dengan kas kecil ? (skor 10)
2.    Sebutkan karakteristik kas kecil ! (skor 10)
3.    Uraikan cara Pengisian kembali Kas Kecil yang telah habis! (skor 20)
4.    Uraikan pula dokumen/bukti pemakaian dana kas kecil ! (skor 20)
5.    PT ABC menentukan Kas Kecil sebesar Rp 3.000.000, pengeluaran selama 1 minggu (diasumsikan siklus pengisian kas kecil adalah tiap 1 minggu) adalah sebagai berikut:
2 Januari 2015
Pengisian kas kecil sebesar Rp 3.000.000.
4 Januari 2015
Membeli perlengkapan kantor ATK Rp 500.000.
5 Januari 2015
Pembayaran bahan bakar sebesar Rp 200.000.
6 Januari 2015
Membeli makanan ringan untuk tamu Rp 150.000.
8 Januari 2015
Melakukan pengisian kembali dana kas kecil

Diminta: buatlah jurnalnya apabila PT ABC menggunakan metode pengelolaan kas kecil dengan metode imprest. (skor 50)
·      Kunci Jawaban
1.    Kas kecil atau biasa disebut Petty Cash adalah sejumlah uang tunai yang dimiliki perusahaan dan dipegang atau dikelola oleh kasir yang fungsinya untuk membayar pengeluaran-pengeluaran yang sifatnya relatif kecil dan cenderung rutin.
2.    Karakteristik kas kecil, yaitu:
a.       Jumlahnya dibatasi, sesuai dengan rutinitas perusahaan.
b.      Untuk membayar pengeluaran yang relatif kecil.
3.   Apa bila jumlah nominal uang yang terdapat dalam akun kas kecil telah menipis, maka dana kas kecil harus diisi lagi dengan cara sebagai berikut:
·Pemegang petty cash mengajukan permintaan kepada bendahara kas
§     Pemegang petty cash menyiapkan daftar pengeluaran yang telah                    dilampiri bukti transaksi atas pengeluaran kas kecil.
Jika telah sesuai dengan ketentuan, bendahara kas memberikan tanda persetujuan kepada formulir permintaan tersebut dan memberi dana sebesar jumlah nominal kas kecil yang sudah dikeluarkan.

4.    Dokumen/bukti pemakaian dana kas kecil
a.       Bukti Kas Keluar, yaitu dokumen yang berfungsi sebagai perintah pengeluaran kas. Dokumen ini diperlukan pada saat pembentukan dana kas kecil dan pada saat pengisian kembali dana kas kecil.
b.      Permintaan Pengeluaran Kas Kecil, yaitu dokumen yang digunakan oleh pemakai dana kas kecil untuk meminta uang ke pemegang kas kecil. Sedangkan bagi pemegang kas kecil, dokumen ini berfungsi sebagai bukti pembayaran kas kecil kepada pengguna kas kecil.
c.       Bukti Pengeluaran Kas Kecil, yaitu dokumen ini dibuat oleh pemakai dana kas kecil untuk mempertanggungjawabkan pemakaian dana kas kecil.
Permintaan Pengisian Kembali Kas Kecil, yaitu dokumen ini dibuat oleh pemegang kas kecil untuk meminta pengisian kembali kas kecil
5.    Metode Imprest
Tanggal
Uraian
Debit
Kredit
Jan
2

4
5
6
8
Kas Kecil
      Kas
Tidak dijurnal
Tidak dijurnal
Tidak dijurnal
Beban ATK
Beban Bahan Bakar
Beban Jamuan
       Kas
Rp 3.000.000

-
-
-
Rp    500.000
Rp    200.000
Rp    150.000

Rp 3.000.000
-
-
-



Rp    850.000







·      Penilaian
Butir Soal
Alternatif
Skor
Jumlah
Maksimal
1
Bila dijawab benar
Bila dijawab salah
Bila tidak dijawab
10
1
0
10
2
Bila dijawab benar
Bila dijawab salah
Bila tidak dijawab
10
1
0
10
3






4
Bila dijawab benar semua 3 cara menguraikan bukti transaksi yang telah habis
Bila dijawab salah semua
Bila tidak dijawab
Bila dijawab benar semua 3 dokumen/ bukti (setiap benar 1 mendapat skor 5)
Bila dijawab salah semua
Bila tidak dijawab
20


1
0
20



1

0
20






20
5
Bila dijawab benar semua 5 transaksi (setiap benar 1 transaksi mendapat skor 6)
Bila dijawab salah semua
Bila tidak dijawab
30


1
0
40
Skor Maksimal
100


Nilai Akhir =  x 100

d.   Penilaian Kompetensi Ketrampilan
Nama Peserta Didik          :
Kelas                                 : XI Akuntansi
Tanggal Pengamatan         :
Sikap yang dinilai             : Ketrampilan

No.
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Keberanian Mengungkapkan Pendapat




2
Penggunaan Bahasa Baku Dan Benar




3
Kelancaran Dalam Mengungkapkan Pendapat




4
Kejelasan Isi Yang Diungkap




5
Kualitas Tanggapan




Jumlah Skor Perolehan




·      Pedoman pengisian:
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai keterampilan peserta didik. Berikan tanda cek (a) pada kolom skor sesuai keterampilan yang ditunjukkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut:
4
=
selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan. 
3
=
sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan.
2
=
kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan.
1
=
tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan.

·      Pedoman Penskoran :
Skor Tertinggi : 4 x 5 = 20
Skor Akhir =  x 100



6.    Pembelajaran Remedial Dan Pengayaan
Pemberian tugas individual, kelompok dan pembelajaran kelas.
















                                Mengetahui,                                                Madiun, 23 Mei 2015
                             Kepala Sekolah,                                                      Praktikan,

               Drs. S. ALI BUDIANTO, M.Si.                                   FEBIYAN N.A
                  NIP. 19620910 198902 1 001                                     NIM. 13.241.018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar